Google
 

Jumat, 07 Maret 2008

MARFU-P


BIOFUNSIDA UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT BUSUK PANGKAL BATANG KELAPA SWIT (Ganoderma bioninense)
MARFU-P merupakan biofungisida yang berbentuk tepung berwarna hijau yang mempunyai bahan aktif konidia dan klamidospora Trichoderma konigii berfungsi untuk mengendalikan penyakit Busuk Pangkal Batang (Ganoderma boninense) pada tanaman kelapa sawit. MARFU_P dianjurkan untuk perlakuan preventif.

CARA KERJA MARFU-P

Trichoderma koningii merupakan agens antagonis dari Ganoderma boninense yang bersifat saprofitik kosmopolitan.

Selain bersifat organik, Trichoderma juga mampu melilit miselium Ganoderma boninense (mikroparasitik) diiluti dengan mengeluarkan enzim kitinase dan glukanase. Untuk memperkuat persaingannya Trichoderma koningii mengeluarkan antibiotik. Selanjutnya Trichoderma akan tumbuh dan berkembang pada sisa-sisa akar kelapa sawit terinfeksi Ganoderma boninense yang pada akhirnya akan melindungi akar kelapa sawit baru.

APLIKASI MARFU-P

MARFU-P diaplikasikan untuk perlakuan preventif dengan cara tabur pada permukaan tanah pengisi polibeg, tabur di lubang tanam, dan di tabur pada piringan untuk tanaman belum menghasilkan (TBM). Aplikasi MARFU_P sebaiknya dilaksanakan saat tanah keadaan lembab yaitu pada awal atau akhir musim hujan.

DOSIS APLIKASI MARFU-P

  • Polibeg di pembibitan : 10 g/polibeg

  • Lubang tanam : 400 g/lubang tanam

  • Piringan : 200/tahun/ tahun selama 3 tahun

PENYIMPANAN

Simpanlah MARFU_P pada tempat kering, tidak terkena sinar matahari langsung atau percikan air hujan. MARFU_P dapat bertahan sampai satu tahun setelah produksi

PERINGATAN BAHAYA

MARFU-P tidak menimbulkan keracunan pada hewan, manusia dan binatang lain sehingga ramah lingkungan.



sumber : PPKS-IOPRI

Tidak ada komentar:

Sponsor News


Jobs Online- Informasi Kerja Online
CO.CC:Free Domain

PageRank

eXTReMe Tracker