Google
 

Jumat, 15 Februari 2008

Pengolahan Biji Jarak Pagar

Teknologi Pengolahan Biji Jarak Menjadi Minyak Jarak (Crude Jatropha Curcas Oil, Cjco)

ImageKetersediaan bahan bakar minyak bumi semakin hari semakin terbatas. Selain karena alasan keterbatasan minyak bumi yang terbatas, pengembangan produk minyak mentah (crude oil) dari tumbuhan seperti biji jarak, juga diarahkan pada sifat bahan bakunya yang dapat diperbaharui.

Konsep yang dikembangkan dalam perekayasaan prototipe pengolahan biji jarak ini adalah kemandirian agroindustri pedesaan. Petani diharapkan tidak sekedar menanam dan menjual biji kering, tetapi lebih jauh diharapkan kelompok tani dapat memproses biji jarak kering tersebut menjadi minyak jarak mentah (CJCO) untuk mewujudkan pengembangan Desa Mandiri Energi. Dengan demikian teknologi yang direkayasa tidak hanya secara teknis layak tetapi secara ekonomis pun harus juga layak untuk skala usaha kelompok tani. Tingkat teknologi yang digunakan diharapkan sederhana dan dapat diperbaiki sendiri oleh kelompok tani bila terjadi kerusakan. Melalui penerapan konsep kemandirian ini diharapkan nilai tambah pengolahan biji menjadi minyak dapat dinikmati oleh petani.
Mesin pengolah biji jarak hasil rekayasa terdiri dari mesin pengupas kulit buah jarak (tipe rol ganda) dan mesin pengepres (expeller, tipe screw) dan mesin penyaring yang masing-masing mempunyai kapasitas 200-300 kg/hari biji kering dengan hanya menggunakan satu motor penggerak diesel 8.5 HP. Prototipe-I telah dikembangkan dan dikerjasamakan dengan BPPT untuk perbaikan rendemen dan unjuk kerjanya. Hasil akhir yang diperoleh (prototipe II), rendemen pengepresen mencapai 27%.
Pengembangan dan penerapan teknologi ini diharapkan akan mampu mendukung program nasional pemerintah dalam menyediakan energi alternatif di tingkat pedesaan dan kesejahteraan petani. Sehingga diharapkan dengan ketersediaan teknologi ini akan dapat memicu berkembanganya kemandirian agroindustri di pedesaan, khususnya untuk daerah-daerah yang langka bahan bakar jenis fosil.

Fungsi dan Keunggulan :

mengolah biji jarak menjadi minyak jarak mentah.
mendukung program nasional pemerintah dalam menyediakan energi alternatif di tingkat pedesaan dan kesejahteraan petani. Sehingga diharapkan dengan ketersediaan teknologi ini akan dapat memicu berkembanganya kemandirian agroindustri di pedesaan, khususnya untuk daerah-daerah yang langka bahan bakar jenis fosil.

Spesifikasi :

ImageMesin Pengupas kulit buah jarak :
Model : Rol ganda dan blower
Kapasitas : 250 kg/jam
Penggerak : Mesin diesel 8,5 HP
Sistem Transmisi : v-belt dan puli, gear
Bahan bakar : Solar
Putaran : 80 – 90 rpm
Hasil Pemrosesan : 60 – 80 % terkupas tergantung kekeringan kulit buah

Image Mesin Pengepres biji jarak :
Model : Expeller tipe screw
Kapasitas : 100 kg/jam
Penggerak : Mesin diesel 8,5 HP
Sistem Transmisi : v-belt dan puli, gear
Bahan bakar : Solar
Putaran : 40 -50 rpm

Image

Mesin Penyaring minyak kasar
Model : Saringan
Kapasitas : 100 liter/jam
Penggerak : Motor listrik 1,1 kW modifikasi menggunakan diesel engine



Image
Minyak jarak hasil proses penyaringan. Hasil Rendemen percobaan 27 % tergantung varietas.


sumber : Balai besar pengembangan mekanisasi

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mohon informasi,saya sedang mencari biji jarak dalam jumlah besar (100 s.d 1000 ton). Ada yang bisa bantu?

Tondi (0819.27990903)

Sponsor News


Jobs Online- Informasi Kerja Online

PageRank

eXTReMe Tracker