Google
 

Jumat, 15 Februari 2008

Rekayasa komoditas Jeruk

Rekayasa Penanganan Segar Terpadu Komoditas Jeruk

ImageUpaya untuk meningkatkan daya saing komoditas jeruk perlu juga dipacu yang antara lain melalui penanganan secara terpadu buah jeruk terutama pada penanganan pasca panennya sehingga kualitas produk dapat dioptimalkan dan memperpanjang daya simpan produk yang berujung pada nilai tambah.

Rekayasa teknologi alsintan penanganan segar terpadu komoditas jeruk yang meliputi alsin pemetik, pengkelasan, pemroses sari buah jeruk segar, dan pengemasan diharapkan dapat menciptakan peluang industri pengolahan jeruk skala kecil di pedesaan sebagai langkah pengembangan agro-industri pedesaan yang akan meningkatkan kesejahteran petani.

Paket teknologi penanganan segar untuk komoditas jeruk, yaitu :

1. Prototipe alsin pemetik buah jeruk tipe teleskopik yang dapat dipanjangkan mencapai maksimal 5 m dan terpendek 2m yang dilengkapi dengan gunting pemotong tangkai buah, berat 1,5 kg sehingga cukup ringan dalam pengoperasian.

2. Prototipe alsin pengkelasan (grader) buah jeruk berdasarkan ukuran diameter berbasis sensor elektronik berkapasitas 296 kg/jam dengan keseragaman 92 % untuk varietas jeruk Siem Madu (Medan) dengan jumlah buah 6-7 butir/kg. Pengkelasan terdiri dari 4 kelompok yaitu kelas A: ≥ 70 mm; kelas B : 60 – <70>

3. Prototipe alsin Pemeras Buah Jeruk (Orange Squeezer) diuji menggunakan jenis jeruk kupas (Lokam) dan jeruk peras (Valensia dan Navel) berkapasitas input rata-rata 46 butir jeruk/menit dan output rata-rata berupa sari buah jeruk 181,46 ltr/jam dengan efisiensi pemerasan rata-rata 79,96 %.

4. Prototipe alsin penuang sari buah jeruk otomatis pada tahap awal telah direkayasa penuang otomatis ke dalam gelas kemasan dengan hanya menekan satu tombol (push button switch) pada setiap kemasan dan dengan volume sesuai yang dikehendaki dengan mengatur timer elektronik.

Penerapan teknologi ini diharapkan dapat mendorong berkembangnya agribisnis di pedesaan sehingga disamping dapat meningkatkan pendapatan petani juga terciptanya lapangan kerja baru serta menambah pendapatan negara melalui ekspor produk buah-buahan ke manca negara.

ImageAlsin pemetik buah jeruk tipe teleskopik

Image Alsin Pemeras Buah Jeruk (Orange Squeezer)

ImagePrototipe alsin penuang sari buah otomatis ke kemasa






sumber : Balai Besar Pengembangan Mekanisasi

Tidak ada komentar:

Sponsor News


Jobs Online- Informasi Kerja Online
CO.CC:Free Domain

PageRank

eXTReMe Tracker