Google
 

Selasa, 05 Februari 2008

Tenologi Produksi Biodiesel






Terdapat beberapa teknologi proses biodiesel di pasaran dunia. Teknologi proses yang digunakan pada kajian ini dikembangkan oleh perusahaan LURGI di Jerman yang disebut Proses Pengolahan langsung Transesterifikasi. Asumsi penggunaan bahan baku adalah dari minyak sawit (CPO) atau turunnya seperti RPO (Refind Palm Oil), CPS (Crude Palm Stearin), RPS (Refind Palm Stearin). Untuk memudahkan CPO termasuk CPS dan RPO termasuk RPS. Biodiesel kepala sawit atau palm oil metilester berarti adalah produk transesterifikasi yang berasal dari CPO atau RPO.

Kelapa sawit dalam bentuk minyak mentah mengandung 93% minyak biodiesel, 4% Asam lemak bebas atau FFA (Free Fatty Acid) dan sejumlah kecil campuran lainnya seperti impurities atau kotoran dan gum. Bahan baku CPO harus dicampur dengan senyawa asam phospat untuk menghilangkan kotoran seperti gum dan logam dll. Kemudian dibersihkan dengan menggunakan zat bleaching earth diikuti dengan filtralisasi. Minyak yang telah dihilangkan asamnya adalah RPO (kandungan asam lemak bebas <>

Proses transesterifikasi merupakan suatu proses kimiawi dari trigliserida pada RPO dengan metanol dengan menggunakan sodium methylate sebagai katalis untuk menghasilkan biodiesel kelapa sawit (POME) dan glycerin. RPO setelah dipanaskan pada temperatur 750C dimana methanol dan katalis dimasukan dengan 2 alat pencampur, setter yang dilengkapi dengan agiator. Bersamaan dengan reaksi kimia yang berlangsung pada mixer, setlers memisahkan produk yang tidak larut, Biodiesel kelapa sawit (POME) dan gliserin. Larutan POME atau biodiesel kemudian dibersihkan dengan air untuk menghilangkan sisa-sisa methanol, gliserin dan katalis. Minyak biodiesel POME yang masih mengandung metanol kemudian dialirkan dengan uap untuk menghasilkan biodiesel murni, kemudian dipompa ke tangki penyimpanan untuk selanjutnya siap dikirim ke tempat tujuan.


sumber : kreatif energi Indonesia

Tidak ada komentar:

Sponsor News


Jobs Online- Informasi Kerja Online
CO.CC:Free Domain

PageRank

eXTReMe Tracker