Google
 

Selasa, 15 Januari 2008

Petani Karet di Pematang Panggang Makmur

Oleh. R.Budi Hartono

Harga pasaran karet Sumsel, dalam sepekan terakhir ini cendrung mengalami kenaikan, karena harga karet dunia selama beberapa bulan terakhir ini terus membaik.Sekretaris pengurus kelompok tani Kemitraan Kecamatan Mesuji Makmur sdr Warisno di pematang sari B1, sebelumnya mengatakan bahwa harga pasaran karet akhir-akhir ini terus membaik sehingga para petani patut berlega karena semua kebutuhan sehari-hari dari hasil menjual karet dapat terpenuhi.

Menurut dia, sekarang ini harga karet basah Rp 7.400,- per kg, karet kering (kk) 100% Rp 13.800,- per kg di tingkat pengepul di kecamatan mesuji makmur.
Ia memperkirakan, harga tersebut akan terus mengalami kenaikan, pada Senin mendatang harga karet kk 100% diprediksi akan mencapai Rp15 ribu per kg.
Semakin membaiknya harga karet tersebut, antara lain disebabkan pasaran karet dunia membaik serta semakin tingginya tingkat kesadaran petani untuk memproduksi karet mutu bagus, katanya.
Ia berharap, para petani di Sumsel pada umumnya, daerah pematang panggang khususnya, terus meningkatkan mutu karet yang dihasilkan agar harga jual semakin tinggi sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan para petani itu sendiri.
Menurut pedagang pengumpul di beberapa desa kec. mesuji makmur, akibat musim penghujan maka hasil sadapan petani menjadi berkurang.
Kalau cuaca sedang bagus bukan musim penghujan dan tidak pula kemarau, rata-rata hasil karet petani yang dapat dikumpulkan bisa mencapai 1.300 Kg sampai 1.550 kg per Ha/bulan dari daerah penghasil Pematang Panggang.


Tidak ada komentar:

Sponsor News


Jobs Online- Informasi Kerja Online
CO.CC:Free Domain

PageRank

eXTReMe Tracker