Google
 

Sabtu, 12 Januari 2008

Pabrik Kelapa sawit mini


*Pabrik kelapa sawit (PKS) mini merupakan salah satu teknologi alternatif pengolahan kelapa sawit dengan kapasitas 0,5-1 ton TBS/jam. PKS mini dirancang khusus untuk perkebunan kelapa sawit dengan luas 160-300 ha. PKS mini sangat mudah dioperasikan, hanya memerlukan tenaga kerja 6 orang/shift, menggunakan limbah sawit sebagai bahan bakar, dan hanya memerlukan lahan 2.500 m2.
*PKS M-1000 terdiri atas delapan unit peralatan pengolahan, yaitu satu unit boiler yang mampu menghasilkan 600 kg uap/jam dengan tekanan 3 kg/cm, dua unit steriliser, satu unit thresher dengankapasitas 1.000 kg TBS/jam, satu unit double screw press mini, satu unit tangki klarifikasi dengan kapasitas 1.200 liter, satu unit tangki penampung minyak, satu unit deperikarper dengan kapasitas 200 kg biji+serat/jam, serta satu unit nut cracker dengan kapasitas 500 kg biji/jam.
*Dengan biaya investasi PKS M-1000 sebesar Rp1,5 miliar, biaya pengolahan TBS menjadi crude palm oil (CPO) adalah Rp368,23/kg TBS dengan asumsi harga CPO Rp3.150/kg, inti Rp1.675/kg dan harga beli TBS Rp567,4/kg. PKS Mi-1000 secara ekonomis layak diusahakan dengan parameter ekonomi sebagai berikut: IRR= 24,78%; B/C= 1,18; NPV= Rp708.305.000; payback period= 3 tahun.
*Sasaran pengembangan PKS M-1000 adalah kelompok pekebun kecil kelapa sawit swadana, usaha perkebunan besar skala kecil, dan usaha perkebunan skala menengah yang ongkos angkut TBS ke PKS lebih dari Rp75/kg TBS.
*Manfaat yang diperoleh petani kelapa sawit dengan adanya PKS M-1000 adalah petani lebih mudah melakukan pemasaran TBS, harga TBS yang dihasilkan petani menjadi bersaing sehingga pendapatanpetani bertambah. Selain itu, tandang kosong sawit (TKS) yang merupakan limbah padat PKS dapat dimanfaatkan sebagai bahan organik.

Sumber : Inovasi teknologi pertanian


5 komentar:

Anonim mengatakan...

Pak,

Konstruksi penampung limbah buangannya pakai kolam beton saja cukup?
kolamnya perlu dilapisi?
limbahnya dibuangkemana?

Terimakasih
abdul patah

richie_aza mengatakan...

bisa lihat flow diagram prosesnya pak?

Olive Sahara mengatakan...

Bila tertarik untuk menambah sedikit wawasan tentang materi terkait, buka juga
http://lemakminyak.blogspot.com
berisi info tentang pengolahan lemak dan minyak dari beberapa bahan, misalnya kelapa/ kopra, kelapa sawit, dll. sampai dengan produk-produknya dan pengujian. Semoga bermanfaat.

Anonim mengatakan...

Kami sangat tertarik dengan PKS mini ini Pak, bisa tau RAB untuk proposalnya dan untuk korespondensinya lebih lanjut, kami berharap bisa diteruskan nantinya melalui email: berkah.agro@yahoo.co.id

kami tunggu kabarnya
salam

Anonim mengatakan...

sangat tertarik dengan hal ini, tapi karena kami tinggal di kepulauan dan mobilisasi CPO sangat sulit, bisa kalo CPO langsung menjadi minyak goreng (konsumsi). berita selanjutnya ke: herman_fardi@yahoo.com kami tunggu.

Sponsor News


Jobs Online- Informasi Kerja Online
CO.CC:Free Domain

PageRank

eXTReMe Tracker