Google
 

Kamis, 08 Mei 2008

Kompensasi BBM Si Miskin di Kota Metropolitan

Dana bantuan langsung tunai dari uang kompensasi bahan bakar minyak buat keluarga miskin ternyata tidak terlalu membantu kondisi kehidupan warga miskin yang menerimanya. Apalagi bagi keluarga miskin yang tinggal di kota metropolitan seperti Jakarta.

Kondisi ini sepertinya yang dirasakan keluarga Amsori yang tinggal di Manggarai, Jakarta Selatan. Ia mengaku dana KKB sebesar Rp 100 ribu per bulan atau Rp 300 ribu yang telah diterimanya sudah habis untuk membayar utang. Sementara sejak kenaikan harga BBM, hasil upah kerjanya sebagai kuli angkut sebesar Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu per bulan membuat kebutuhan hidup keluarganya yang berjumlah 10 orang kian berat.

Anggota keluarga Amsori ini terdiri dari istri, anak dan cucu. Cariyah, istri Amsori, yang bekerja sebagai buruh cuci mengatakan keluarganya hanya makan satu kali sehari dengan nasi tanpa lauk. Makanya, saat ditemui SCTV, ketika ia pulang kerja raut mukanya terlihat gembira setelah diberi empat buah pisang dan dua potong baju anak-anak dari tetangganya.

Keluarga Amsori ini juga merupakan salah satu korban kebakaran di Manggarai yang terjadi beberapa waktu lalu. Amsori mengatakan sejak kebakaran itu rumah dan dagangannya habis dilalap api. Saat ini, keluarga Amsori tinggal di rumah berukuran 4 x 6 meter dengan hanya beratap terpal plastik.

Hal serupa juga dirasakan wanita paruh baya yang kerap disapa Emak Kinclong atau Annisa yang tinggal di atas kandang sapi di kawasan Kuningan, Jaksel, sejak suaminya meninggal tiga tahun silam. Ia sehari-hari bekerja sebagai tukang urut yang bila mujur mendapat upah Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu. Menurut Emak Kinclong, sejak kenaikan harga BBM dirinya kerap bingung untuk menghidupi keluarganya.

Kehidupan keluarga miskin ini sepertinya tak sebanding dengan gagahnya gedung pencakar langit di Jakarta. Seolah-olah keberadaan mereka menjadi perlambang keangkuhan dunia materi yang tiada ampun yang hidup di bawah bayang-bayang gemerlapnya kota metropolitan.(ZIZ/Tim Liputan SCTV)

Tidak ada komentar:

Sponsor News


Jobs Online- Informasi Kerja Online
CO.CC:Free Domain

PageRank

eXTReMe Tracker