Google
 

Selasa, 13 Mei 2008

SAMBAL PENAMBAH SELERA MAKAN

Bagi sebagian orang, rasa pedas adalah faktor utama. Keringat yang bercucuran menandakan kenikmatan bersantap.

ANDA salah seorang penyuka sambal? Anda bisa mencoba aneka rasa sambal dari berbagai daerah. Beberapa contoh sederhananya sambal tomat dan sambal gandaia.

Baru membayangkannya saja air liur sudah mengalir. Apalagi jika menu tersebut ada di hadapan Anda. Dijamin membuat Anda langsung ingin menyantapnya. Meskipun sederhana, sambal dapat dinikmati di berbagai makanan. Bahkan, dengan nasi hangat dan ikan asin, sambal menjadi pelengkap yang cocok.

Salah satu restoran yang menyediakan berbagai sambal komplet dalam satu tempat adalah Warung Selera Acil Inun’s di kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan. Meski terbilang baru, restoran dengan menu yang kebanyakan dari Kalimantan ini cukup menantang dinikmati.

”Restoran ini merupakan cabang dari Restoran Warung Selera Samarinda. Hampir semua menu yang ditawarkan sama dengan di sana. Karena itu, sekitar 90% ikan yang dimasak, dikirim langsung dari sungai Mahakam. Ada pula yang diimpor dari Samarinda,” ujar Desi, pemilik Restoran Warung Selera Acil Inun’s.

Di pusatnya, pengunjung restoran itu tidak hanya dari keluarga biasa. Mulai dari artis, pejabat hingga pegawai biasa banyak bersantap di restoran itu. Dengan membuka cabang di Jakarta, pelanggan yang juga banyak datang dari Jakarta tidak usah pergi jauh ke Samarinda.

Menu yang ditawarkan, antara lain sambal raja ala Kutai, sayur santan rojak singkir, nasi bakepor, udang goreng selera, tauco bunga pepaya udang, dan masih banyak lagi.

Meski rasanya tidak diragukan lagi, sebagai restoran yang baru membuka cabang di Jakarta, ini harus pintar-pintar menarik perhatian dan kepuasan pengunjung. Salah satu caranya memberikan diskon 10%. Pihak restoran juga akan memberikan beberapa bonus menu untuk dicicipi para tamu.

Jika Anda ingin berkunjung, jangan lupa mencicipi menu favorit lainnya, yaitu udang gala bakar, ikan patin bakar, dan sayur santan singkil. Bagi Anda yang ingin mencobanya di rumah, SINDO memberikan resepnya untuk Anda. Selamat mencoba.

TEMPE PALING POPULER

INDONESIA adalah negara produsen tempe terbesar di dunia dan pasar kedelai terbesar di Asia. Sebanyak 50% kedelai Indonesia diolah menjadi tempe. Sisanya baru dibentuk menjadi berbagai produk lain, seperti tahu, tauco, kecap, dan lain-lain.

Tempe memang sangat terkenal sejak berabad-abad lalu. Terutama untuk masyarakat Jawa. Konon, rujukan pertama tentang tempe ditemukan pada 1875. Bahkan, disebut-sebut dalam Serat Centini dan buku History of Java karangan Stanford Raffles.

Produk olahan kedelai ini ternyata memiliki banyak manfaat. Tempe mengandung superoksida desmutase, yang dapat menghambat kerusakan sel dan proses penuaan. Dalam sepotong tempe terkandung berbagai unsur yang bermanfaat, seperti hidrat arang, lemak, protein, serat, vitamin, enzim, daidzein, genistein, serta komponen antibakteri. Selain itu, tempe juga bisa bersifat sebagai antianemia, menurunkan kadar kolesterol, serta menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Manfaat lain dari tempe adalah mengurangi keluhan pada wanita yang memasuki usia menopause. Ini disebabkan adanya zat yang berikatan dengan reseptor hormon estrogen. Kedelai sebagai bahan baku tempe ternyata juga mengandung zat yang mampu meningkatkan vitalitas dan meremajakan sel tubuh, terkenal dengan nama lesitin.

Para wanita yang mengalami menopause juga disarankan mengonsumsi makanan sumber lesitin lainnya, termasuk susu kedelai, kacang kedelai, tahu, tauco dan sebagainya. Dengan demikian, mereka dapat menghindarkan rasa bosan mengonsumsi tempe terus-menerus.

Cara lain dengan mengonsumsi produk suplemen yang khusus mengandung lesitin. Lengkapi pula makanan sehari-hari dengan makanan sehat yang banyak mengandung unsur vitamin dan mineral. Perhatikan juga porsi makan, jangan sampai berlebihan.

Salah satu alasan kenapa tempe sangat populer karena makanan ini dapat dinikmati dalam berbagai kesempatan. Untuk lauk atau hanya sebagai camilan. Yang paling sering dan mudah ditemui adalah tempe goreng. Namun, tempe juga dapat diolah berbagai cara.

Bahkan, manfaat tempe bisa didapatkan optimal jika proses pengolahannya tepat. Ini berarti khasiat tempe tidak akan sama sekali hilang jika Anda menggorengnya. Jadi, jangan berkecil hati sambil membiasakan diri menikmati tempe yang diolah dalam bentuk lain, Anda masih dapat menikmati tempe goreng favorit.

SUMBER : SEPUTAR iNDONESIA

Tidak ada komentar:

Sponsor News


Jobs Online- Informasi Kerja Online
CO.CC:Free Domain

PageRank

eXTReMe Tracker